PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PMRI PADA MATERI SEGIEMPAT UNTUK SISWA SMP KELAS VII

Authors

  • Yeli Arista
  • Lusiana Lusiana
  • Marhamah Marhamah

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS materi
segiempat yang valid dan praktis menggunakan pendekatan PMRI.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan
(development research). Model pengembangan yang digunakan
diadaptasi dari model pengembangan menurut Sugiyono yang
terdiri dari 7 tahap. Tahapan tersebut meliputi: potensi dan
masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi
desain, ujicoba produk, revisi produk. Karena keterbatasan waktu,
tenaga, dan biaya, maka hasil akhir yang berupa LKS
pembelajaran yang valid dan praktis dengan tahap revisi yang telah
dilakukan sebanyak dua kali. LKS pembelajaran telah divalidasi
oleh 2 dosen pendidikan matematika dan 1 guru matematika. Hasil
validasi menunjukkan rata-rata sebesar 88,7% dan masuk kedalam
kriteria validasi yaitu valid. Kemudian LKS diujicobakan terbatas
dan diperoleh angket respon siswa dengan skor total 77%,
sehingga respon siswa terhadap LKS pembelajaran praktis dan
mudah digunakan oleh siswa. Dari hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa LKS yang dikembangakan valid dan praktis,
sehingga bahan ajar berbasis PMRI pada materi segiempat KD.6.2
untuk siswa SMP kelas VII siap di ujicobakan ke skala besar

Downloads

Published

2018-05-19