IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING

Ramtia Darma Putri, Erfan Ramadhani

Abstract


Abstrak

Konsep yang disajikan Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 mengenai potensi peserta didik untuk aktif mencari, mengolah, mengkontruksi, dan menggunakan pengetahuan tergambar jelas dalam pembelajaran kontekstual. Pembelajaran kontekstual dapat terlaksana dengan menggunakan tujuh pinsip yaitu kontruktivisme (constructivism), menemukan (inquiry), bertanya (questioning), masyarakat belajar (learning community), pemodelan (modelling), refleksi (reflection), dan penilaian autentik (authentic assessment). Terkait dengan adanya Bimbingan dan Konseling di sekolah maka substansinya adalah Bimbingan dan Konseling perlu disiapkan untuk memfasilitasi satuan pendidikan dalam mewujudkan proses pendidikan yang memperhatikan dan menjawab ragam kemampuan, kebutuhan, dan minat sesuai dengan karakteristik peserta didik. Bentuk pengimplementasian pembelajaran kontekstual dalam Bimbingan dan Konseling adalah adanya pelaksanaan layanan informasi format klasikal.

Kata Kunci: Pembelajaran Kontekstual, Bimbingan dan Konseling.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.