THE APPLICATION OF KWL STRATEGY IN TEACHING READING COMPREHENSION TO THE EIGHT GRADE STUDENTS OF BINA WARGA JUNIOR HIGH SCHOOL OF PALEMBANG

Authors

  • Noviati Noviati

Abstract

Abstrak

Penelitian ini berjudul “The Application of KWL Strategy in Teaching Reading Comprehension to the Eight Grade Students of Bina Warga Junior High School of Palembang.â€Â  Permasalahan penelitian ini berhubungan dengan kesulitan siswa dalam menemukan ide utama dalam menjawab pertanyaan secara tepat. Tujuan penelitian ini adalah menemukan apakah Strategy KWL efektif dalam meningkatkan pemahaman bacaan siswa kelas 8 di SMP Bina Warga Palembang.

Metode penelitian  ini menggunakan metode pre-experimen. Populasi penelitian berjumlah 40 orang siswa kelas 8 di SMP Bina Warga Palembang . Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes tertulis, dan dianalisa menggunakan rumus uji t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada tes awal yaitu 50.62, dan nilai rata-rata pada tes akhir yaitu 81,25, sedangkan hasil perhitungan

Uji t menunjukkan bahwa nilainya yaitu 11.96, yang lebih besar dari pada nilai kritis yaitu 1.684. Hal ini dapat dinyatakan bahwa penggunaan strategy KWL dinilai efektif dalam mengajarkan membaca bagi siswa kelas 8 di SMP Bina Warga Palembang.

 

Kata Kunci: Penerapan, Strategy KWL, Pemahaman Bacaan

Downloads

Published

2018-05-26