PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS, KREATIF DAN REFLEKTIF (K2R) DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA
Abstract
ABSTRAKProses pembelajaran matematika disekolah-sekolah masih sangat rendah pada kemampuan berfikir kritis kreatif dan reflektif (K2R) dan juga kemampuan penalaran matematika siswa dimana mempengaruhi kualitas belajar siswa yang berdampak pada rendahnya prestasi siswa di sekolah. Proses pembelajaran yang dipakai oleh kebanyakan guru adalah sebuah proses pembelajaran yang hanya terfokus pada guru sehingga siswa tidak mempunyai keterampilan dalam masalah
K2R dan penalaran matematis. Dapat terlihat dari hasil pembahasan bahwa kemampuan siswa disini dituntut sangat kritis, kreatif dan reflektif dalam menjawab soal. Dari soal terlihat tingkat kesukarannya adalah kategori sukar untuk soal K2R sedangkan soal penalarannya mudah. Siswa banyak belum terbiasa dengan soal tesebut. Maka dari itu perlu adanya sosialisasi dari guru-guru yang mengajar disekolah agar terus meningkatkan kemampuan siswa agar tingkat kemampuannya dalam befikir kritis, kreatif dan reflektif (K2R) serta tingkat penalaran siswa lebih tinggi lagi untuk menghasilkan tingkat optimal yang ada pada siswa.
Kata kunci : Pembelajaran, Kemampuan, K2R dan Penalaran
Downloads
Published
2018-07-06
Issue
Section
Articles