PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KALKULUS I DI UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG

Authors

  • Jayanti Jayanti

Abstract

ABSTRAK
Model Pembelajaran Problem Based Learning merupakan pembelajaran yang penyampaiannya dan penyajiannya diberikan permasalahan secara kontekstual yang dapat ditemui oleh mahasiswa dalam kehidupan sehari-hari dimana dilakukan dengan cara menyajikan permasalahan, mengajukan pertanyaanpertanyaan, memfasilitasi penyelidikan, dan membuka dialog. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil dari pembelajaran yang menggunakan model Problem Based learning. Selain itu, penelitian ini juga untuk mengetahui bagaimana kemampuan pada pembelajaran Problem Based Learning mahasiswa dalam menyelesaikan soal PBL pada materi Kalkulus I tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskritif yang menggambarkan hasil dalam pembelajaran
mahasiswa dimana mahasiswa dapat menyelesaikan soal PBL sesuai dengan langkah-langkah yang ada pada model pembelajaran Problem Based Learning . Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa prodi Fisika semester 1 Universitas PGRI Palembang sebanyak 35 mahasiswa. Teknik dan instrumen pengumpulan data adalah wawancara/diskusi dan dokumen yang digunakan untuk mengetahui hasil pembelajaran Problem Based Learning baik secara konseptual maupun empiris, dan bagaimana mahasiswa dalam melakukan penyelesaian soal pemecahan masalah tersebut. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa penelitian
ini menggambarkan hasil pengerjaan soal suatu produk berupa soal-soal essay mata kuliah kalkulus I pada Fisika dimana terlihat tingkat pembelajaran Problem Based Learning mahasiswa dalam mengerjakan soal dan kemampuan pada pembelajaran berbasis masalah mahasiswa dalam menyelesaikan soal tersebut.
Kata kunci : Pembelajaran, Model, Poblem Based Learning

Downloads

Published

2018-07-06