MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF (MPG) BERBANTUAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MAHASISWA

Jayanti Jayanti, Rahmawati Rahmawati

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis (KPMM) mahasiswa melalui model pembelajaran Generatif berbantuan Blended Learning. Model Pembelajaran Generatif (MPG) memiliki empat tahap yaitu tahap persiapan, memfokuskan, tantangan dan aplikasi pada pembelajaran tatap muka dikuliah trigonometri, berbantuan blended learning yaitu dengan menggunakan internet secara online. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes dan postes nonekuivalen. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa matematika pada Universitas PGRI Palembang. yaitu kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran Generatif berbantuan blended learning (PGBBL) dan kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran konvensional (PK). Berdasarkan faktor Kemampuan Awal Mahasiswa (KAM), untuk melihat bahwa kemampuan sampel penelitian adalah seragam. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes KAM, tes KPMM dan dokumen terkait dengan proses pembelajaran berlangsung. Data dalam penelitian ini ada dua jenis, yaitu data kuantitatif yaitu dengan tes KPPM pada pretest dan posttes dan data kualitatif untuk mendukung kelengkapan data.
Kata Kunci: MPG, KPPM dan Peningkatan






Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.