PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS MAHASISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF (MPG) BERBANTUAN BLENDED LEARNING PADA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG

Jayanti Jayanti, Rahmawati Rahmawati

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan kemampuan Penalaran Matematis (KPM) mahasiswa melalui model pemmbelajaran Generatif berbantuan Blended Learning. Model Pembelajaran Generatif (MPG) memiliki empat tahap yaitu tahap persiapan, memfokuskan, tantangan dan aplikasi pada pembelajaran tatap muka dikuliah trigonometri, berbantuan blended learning yaitu dengan menggunakan internet secara online. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes dan postes nonekuivalen. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa matematika pada Universitas PGRI Palembang. yaitu kelas eksperimen yang mendapatkan
pembelajaran Generatif berbantuan blended learning (PGBBL) dan kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran konvensional (PK). Berdasarkan hasil analisis uji perbedaan rerata peningkatan KPM mahasiswa yang mendapatkan pembelajaran PGBBL dan mahasiswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional, memperoleh nilai dari tabel peningkatan KPM mahasiswa yang mendapatkan pembelajaran generative berbantuan blended learning (PGBBL) lebih baik daripada
mahasiswa yang mendapat pembelajaran Konvensional. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) kemampuan trigonometri dan kemampuan penalaran matematis mahasiswa semester dua pendidikan matematika universitas PGRI adalah cukup baik. (2). Disarankan kepada tenaga pengajar/Dosen untuk
dapat mengujicobakan model pembelajaran ini pada kemampuan matematis lainnya.
Kata kunci : Peningkatan, Penalaran, MPG dan Blended Learning.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.