PENGEMBANGAN MATERI TABUNG BERDASARKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) DI SMP PALEMBANG

Authors

  • Nila Kesumawati

Abstract

ABSTRAK

 

Salah satu reformasi kurikulum pada pelajaran matematika adalah pengembangan materi pembelajaran. Pengembangan materi pembelajaran sangat diperlukan sehingga proses belajar mengajar sesuai dengan tujuan pembelajaran matematika. Pengembangan materi pembelajaran tersebut disesuaikan dengan karakteristik dan tingkat intelektual siswa. Salah satu pendekatan khusus untuk pembelajaran matematika adalah pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Pendekatan PMRI merupakan suatu pendekatan yang didasari atas pandangan bahwa matematika sebagai aktivitas manusia. Matematika diusahakan dekat dengan kehidupan siswa, harus dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari, dan jika mungkin harus real bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar materi tabung yang valid dan praktis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah development research yang terdiri dari dua tahap yaitu preliminary dan formative study. Pengumpulan data melalui analisis dokumen, uji pakar, dan tes. Subjek penelitian adalah 40 siswa SMPN 22 Palembang. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa prototip materi tabung berdasarkan pendekatan PMRI dapat dikatakan valid dan praktis untuk digunakan oleh guru matematika dan siswa kelas IX SMP.

 

Kata kunci: Pendekatan PMRI, masalah kontekstual, dan tabung.

Published

2015-03-24