PENGUKURAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP PGRI 1 PALEMBANG

Authors

  • Nila Kesumawati

Abstract

ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemandirian belajar matematika siswa SMP PGRI 1 Palembang. Populasinya adalah siswa SMP PGRI 1 Palembang tahun pelajaran 2012/2013, jumlah sampel yang mewakili populasi sebanyak 113 orang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Data diperoleh dengan instrumen skala kemandirian belajar matematika. Indikator kemandirian belajar matematika siswa meliputi: berinisiatif belajar; mendiagnosa kebutuhan belajar; menetapkan target/tujuan belajar; memonitor; mengatur dan mengontrol belajar; memandang kesulitan sebagai tantangan; memanfaatkan dan mencari sumber yang relevan; memilih dan menerapkan strategi belajar; mengevaluasi proses dan hasil belajar; serta self eficacy (konsep diri). Kesimpulan dari penelitian iniadalah rata-rata dari skor keseluruhan skala kemandirian belajar matematika adalah 2,9. Dari pencapaian skor ini digolongkan kemandirian belajar matematika siswa tergolong sedang.

Kata kunci: pengukuran, aspek afektif, kemandirian belajar matematika

Published

2015-03-24