PENGUKURAN SELF-ESTEEM SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP PGRI 1 PALEMBANG

Authors

  • Nila Kesumawati

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui Self-esteem siswa dalam pembelajaran matematika. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen skala Self-esteem. Populasinya adalah seluruh siswa SMP PGRI 1 Palembang tahun pelajaran 2012/2013. Pengambilan sampel menggunakan multistage random sampling, yaitu teknik sampling bertahap. Tahap pertama adalah menggolongkan sampel ke dalam jenis kelamin, dan tahap kedua mengelompokkan sampel pada kelompok kelas. Dari hasil perhitungan jumlah sampel yang akan mewakili populasi pada penelitian ini ada sebanyak 113 orang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah rata-rata dari skor keseluruhan skala self-esteem adalah 2,9. Dari pencapaian skor ini dapat digolongkan self-esteem siswa dalam matematika tergolong sedang. Adapun rata-rata masing-masing komponen adalah: kemampuan: 2,9; kesuksesan: 3,1 ; kemanfaatan: 3; dan kebaikan: 2,8. Pengelompokkan persentase siswa yang memiliki Self-esteem tinggi sebanyak 14,2%, Self-esteem sedang 77%, dan Self-esteem rendah 8,8%.

 

Kata kunci: Self esteem, pengukuran, aspek afektif.

Published

2015-03-24