PERAN STORYTELLING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS, MINAT MEMBACA DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA

Dessy Wardiah

Abstract


Abstrak
Penelitian ini dilakukan sebagai survey awal untuk melihat seberapa berperannya storytelling dalam meningkatkan kemampuan menulis, minat membaca dan kecerdasan emosional siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes menulis, kuisioner, observasi dan wawancara. Teknik analisis data berpedoman pada teknik analisis data kualitatif Miles dan Hubermen yang terdiri dari tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data/ kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah
bahwa storytelling sangat berperan dalam meningkatkan kemampuan menulis,
minat membaca dan kecerdasan emosional siswa.

 

Kata Kunci : Storytelling, Kemampuan Menulis, Minat Membaca dan
Kecerdasan Emosional


Refbacks

  • There are currently no refbacks.