PERAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
Abstract
AbstrakSelama ini muncul anggapan bahwa guru hanya sekadar pelaksana
kurikulum, maka tingkat kreatifitas dan inovasi guru dalam merekayasa
pembelajaran sangat lemah. Guru tidak terpacu untuk melakukan berbagai pembaruan. Mengajar dianggapnya bukan sebagai pekerjaan profesional, tetapi sebagai tugas rutin atau tugas keseharian. Pada makalah ini akan dikaji kembali bagaimanakah peran guru dalam rangka implementasi kurikulum 2013. Melalui kajian pustaka akan ditinjau karakteristik dari kurikulum 2013 dan juga tugas pokok dan fungsi guru yang professional. Selanjutnya juga akan diperlihatkan contoh peran guru dalam pembelajaran yang mengimplementasikan kurikulum 2013, khususnya untuk tingkat Sekolah Mengeah pertama (SMP), dimana student centered bukan berarti guru tidak punya peran sama sekali dalam kegiatan pembelajaran. Dengan demikian diharapkan artikel ini akan memberikan masukan bagi guru dan juga tenaga kependidikan dalam rangka mempersiapkan implementasi
kurikulum 2013 pada Tahun Ajaran baru yang akan datang.
Kata kunci: Peran guru, Kurikulum 2013
References
Cruickshank, Donald R., Bainer, Deborah L., Metcalf, Kim K. (1995). The Act of Teaching.USA: McGraw-Hill, Inc.
Even R.; Ball, D.L. (2009). Setting the stage for the ICMI study on the professional education and development of teachers of mathematics. Pada Even R.; Ball, D.L. (Eds). The Professional Education and Development of Teachers of Mathematics. New York: Springer
Hasan, S Hamid. (2013). Kurikulum 2013. Makalah disajikan pada sosialisasi Kurikulum 2013 di Universitas PGRI Palembang tanggal 21 Maret 2013.
Kementrian Pendidikan dan kebudayaan. (2012). Dokumen Kurikulum 2013
Kementrian Pendidikan dan kebudayaan. (2013). Kurikulum 2013: Kompetendi Dasar Sekolah Mengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah.
Mulyasa. (2007), Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sadulloh, Uyoh.Dkk. (2006), Pedagogik, Bandung: Upi Press