Analisis Penggunaan Istilah Bahasa Inggris Untuk Meningkatkan Daya Serap Siswa pada Pelajaran Bahasa Indonesia di SMA YWKA Palembang

Authors

  • Masnunah Masnunah

Abstract

Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penggunaan istilah dalam bahasa Inggris untuk meningkatkan daya serap siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia di SMA YWKA Palembang. Metode penelitan yang digunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, angket dan tes. Populasi dan sampel dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA YWKA Palembang, berjumlah 62 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap mendukung, meminati dan merasakan ada manfaat penggunaan istilah bahasa Indonesia dalam bahasa Inggris pada pembelajaran dengan penggunaan istilah dalam bahasa Inggris, dukungan terhadap penggunaan istilah mencapai 61,29%, dan minat belajar siswa menncapai 59,8% serta sikap siswa yang merasakan manfaat mencapai 59,8%. Hasil belajar siswa yang dilihat dari hasil tes siswa, yang memperoleh nilai antara 71-85 dengan persentase 20,96% dan termasuk dalam kategori baik. Serta siswa yang memperoleh nilai antara 56-70 dengan persentase 46,77% dan termasuk dalam kategori cukup. Siswa yang memperoleh nilai antara 41-55 dengan persentase 19,35% dan termasuk dalam kategori kurang. Siswa yang memperoleh nilai 40 dan dibawah nilai 40 dengan
persentase 12,9% dan termasuk dalam kategori kurang sekali. Berdasarkan data hasil belajar siswa maka diketahui rata-rata hasil belajar seluruh siswa kelas X IPA sebesar 60 dan masuk dalam kategori â€Cukupâ€. Berdasarkan nilai rata-rata siswa yang diperoleh dan berdasarkan persentase yang diperoleh, penggunaan istilah dalam bahasa Inggris belum dapat meningkatkan daya serap siswa, tetapi
cukup baik diterapkan.
Kata kunci: Penggunaan istilah bahasa Inggris, Meningkatkan daya serap siswa, bahasa Indonesia

Downloads

Published

2018-12-10