PERSEPSI SISWA TERHADAP PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGAPRESIASI CERPEN

Authors

  • Masnunah Masnunah

Abstract

Abstrak

Dalam proses belajar mengajar, peran guru dalam memotivasi siswa dalam mempelajari mengapresiasi cerpen sangat dibutuhkan oleh siswa. Dalam hal ini guru mata pelajaran Bahasa Indonesia sebaiknya melakukan pendekatan dalam memotivasi siswa, hal ini bertujuan agar guru dapat mengetahui kesulitan siswa dan siswa dapat termotivasi untuk mempelajari mengapresiasi cerpen. Dari hasil observasi dapat dilihat dari 4 (empat) indikator dengan 12 (dua belas) deskriptor telah terlaksana dengan sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase dari ke empat indikator yaitu 78,12 %, dengan kategori baik. Berdasarkan hasil angket dapat diketahui persepsi siswa terhadap peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar mengapresiasi cerpen dilihat dari persentase setiap peran yang dilakukan oleh guru, dimana peran guru sebagai demonstrator dengan persentase 72,2%, peran guru sebagai pengelola kelas 69,7%, peran guru sebagai mediator dan fasilitator 70,5% dan peran guru sebagai evaluator 68,2%. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil observasi dan angket tersebut, maka peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa mengapresiasi cerpen di SMA Negeri 2 Kayu Agung telah berjalan dengan baik. 

Published

2018-12-22