ANALISIS KESILAPAN DAN ANALISIS KONTRASTIF BERBAHASA DALAM KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 AIR KUMBANG

Authors

  • Hayatun Nufus

Abstract

Abstrak

Anakon dapat digunakan untuk mengidentifikasikan jenis kesalahan yang disebabkan oleh interferensi.  Anakon bersifat diagnostik, karena itu sebaiknya bekerja sama dengan analisis kesalahan berbahasa. Belajar merupakan aktivitas berupa proses terjadinya perubahan-perubahan yang bertahap. Interferensi bahasa dalam belajar bahasa masih cenderung karena pengaruh bahasa ibu. Masalah dalam  penelitian  ini adalah bagaimanakah analisis kesilapan  dan analisis kontrastif berbahasa dalam karangan deskripsi siswa kelas VIII SMPN 2 Air Kumbang?. Tujuan dari makalah ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan analisis kesilapan berbahasa dalam karangan deskripsi siswa kelas VIII SMPN 2 Air Kumbang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik statistik deskriptif. Berdasarkan  penelitian  tersebut, dapat disimpulkan bahwa sebab dan sumber kesalahan berbahasa berkaitan  pokok dengan strategi  belajar mengajar berbahasa. Pembelajaran bahasa berkaitan erat dengan bahan yang dilatihkan dan cara pelaksanaan pelatihan. Hal mendasar dalam penyusunan bahan  latihan adalah pemilihan, penekanan, dan pengurutannya.

 

Kata kunci: Anakon, kesilapan, dan interferensi

Published

2019-01-03