POTENTIAL EFFECT DESAIN DIDAKTIS TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DASAR BILANGAN BULAT NEGATIF

Authors

  • Nyiayu Fahriza Fuadiah

Abstract

Abstrak
Studi ini merupakan bagian dari rangkaian Didactical Design Research untuk menganalisis pencapaian siswa terhadap konsep dasar bilangan bulat negatif sebagai implikasi dari desain situasi didaktik pada pembelajaran matematika. Desain didaktis merupakan rancangan pembelajaran yang didasarkan pada Teori Situasi Didaktis dan metapedadidaktis. Dua kelas 7 pada sekolah yang sama dengan seorang guru matematika yang sama diambil sebagai subjek penelitian. Secara rata-rata, berdasarkan tes kemampuan awal, dua kelas ini memiliki kemampuan dan penguasaan konsep yang sama. Pada kegiatan pembelajaran, satu kelas menggunakan desain didaktis yang dirancang peneliti sementara kelas lainnya menggunakan pembelajaran yang biasa guru lakukan. Data diambil dari tes identifikasi dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Analisis terhadap tes identifikasi yang dilakukan setelah pembelajaran menunjukkan bahwa kelas yang menerapkan desain didaktis memiliki persentase kemampuan pemahaman konsep dasar bilangan bulat negatif (urutan bilangan dan operasi hitung penjumlahan dan penggurangan) yang lebih baik dari kelas lainnya. Hasil studi memperlihatkan bahwa desain didaktis dalam pembelajaran di kelas memiliki potential effect terhadap pencapaian pemahaman siswa terhadap konsep bilangan bulat, secara khusus pada bilangan bulat negatif sehingga dapat dikembangkan dalam kegiatan belajar mengajar matematika di kelas.
Kata Kunci: isi, format, artikel. Desain didaktis, bilangan bulat negatif, teori situasi didaktis

Downloads

Published

2019-02-01