EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA MAHASISWA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini merupakan studi literatur yang membahas efektifitas penerapan model pembelajaran IBL (Inquiry Based Learning) dalam pembelajaran di perguruan tinggi. Pembelajaran inquiry termasuk
dalam ranah pembelajaran induktif. Pendekatan induktif untuk pembelajaran dimulai dengan serangkaian pengamatan atau penyajian fakta atau masalah dunia nyata yang kompleks. Sehingga model
pembelajaran ini saat diterapkan dalam proses pembelajaran membuat mahasiswa antusias mengikuti proses pembelajaran, membuat kemandirian dan keaktifan dalam kegiatan pembelajaran meningkat.
Pada dasarnya pembelajaran yang berbasis pada masalah erat kaitannya dengan cara berpikir mendalam, ditambah lagi pembelajaran berbasis masalah menuntut adanya kemampuan interaksi sosial dari
mahasiswa. Apabila model pembelajaran ini diterapkan dengan baik, maka dapat berpengaruh pada aktivitas pembelajaran mahasiswa serta dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi
yang sedang dipelajari yang pada akhirnya nanti akan meningkatkan hasil belajar. Dalam studi literasi ini terdapat beberapa hasil penelitian yang menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran IBL (Inquiry Based Learning) dapat memberikan kontribusi yang positif bagi mahasiswa dalam kaitannya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga pada akhirnya dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran IBL (Inquiry Based Learning) efektif diterapkan dalam proses pembelajaran pada mahasiswa.
Kata Kunci: Efektifitas, Inquiry Based Learning, Proses Pembelajaran