PjBL UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MAHASISWA: SEBUAH KAJIAN DESKRIPTIF TENTANG PERAN MODEL PEMBELAJARAN PJBL DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS MAHASISWA

Authors

  • Deni Puji Hartono
  • Siti Asiyah

Abstract

ABSTRAK

 

Pembelajaran berbasis  proyek (PjBL) merupakan pembelajaran yang efektif diterapkan karena menekankan pada belajar kontekstual melalui kegiatan-kegiatan yang kompleks. Fokus pembelajaran terletak pada konsep-konsep yang melibatkan mahasiswa dalam investigasi pemecahan masalah dan kegiatan tugas-tugas bermakna untuk mangembangkan kreativitas, memberi kesempatan kepada mahasiswa bekerja secara otonom untuk mengkonstruk pengetahuan mereka sendiri, dan mencapai puncaknya yaitu menghasilkan produk nyata. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran model pembelajaran PjBL dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan mengumpulkan data melalui studi literatur. Penerapan PjBL menunjukkan kelebihan dalam mengembangkan keterampilan komunikasi dan kolaborasi mahasiswa Karena melalui aktivitas kompleks dari model tersebut, mahasiswa mampu saling bersepakat dan saling menghargai terhadap pendapat yang berbeda-beda untuk menemukan solusi dan mencapai tujuan utama dari pelaksanaan proyek. Hasil proyek tersebut akan menghasilkan produk  berupa peta dari hasil kreativitas mahasiswa bersama dengan kelompok. jadi dengan penerapan model pembelajaran PjBL yang baik akan meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam mengerjakan proyek yang telah direncanakan.Hasil studi literature dari 10 artikel jurnal diperoleh data bahwa model pembelajaran PjBL efektif dalam meningktkan kreativitas.

 

Kata Kunci: PjBL, Kreativitas mahasiswa, Studi literature

References

Amirudin, A. dkk. (2015). Pengaruh Model Pembeajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Geografi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Geografi, 20(1)

Aryani, Desi. (2017). Penggunaan Project Based Learning (PjBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidika IPA Perguruan Tinggi Lampung

Asrori. 2007. Psikologi Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Baharudin H, Khairul A, Kamaruzaman J & Nik A.(2009). Project based learning practices in a politeknik kota bharu, Malaysia. www.ccsenet.org/journal.html diakses tanggal 21 Januari 2017.(website)

Baidowi, Arif, Sumarmi, dan Amirudin, Achmad. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Geografi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Geografi, 20(1),48-58 (artikel)

Chepy, I., Pasya, G.K., dan Kastolani, W.(2013). Kontribusi motivasi belajar dan kreativitas peserta didik terhadap kemampuan berpikir geografis. Jurnal Pendidikan Geografi, 13(1), 49-56 (artikel)

CORD. 2007. Project-Based Learning. (Online) pada http://www.cord.org/projectbased-learning), diakses 12 September 2018.

Dimyati dan Mudjiono (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Harahap, M. B., and Sani, R. (2014). The Effect of Project Based Learning Model with KWL Worksheet on Student Creative Thinking Process in Physics Problems. Journal of Education and Practice, 4(25), 188- 200 (artikel)

Hayati, W.I., Utaya, Sugeng., dan Astina, I.K. (2016). Efektivitas student worksheet berbasis Project based learning dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Geografi. Jurnal Pendidikan Geografi, 1(3), 468-474 (artikel)

Helle, L., Olkinoura, E., and Tynjala, P. (2006). Project-Based Learning in Post-Secondary Education – Rubber Sling Shots. Journal of Higer Education, 51, 287-314 (atikel)

Jalaluddin. 2016. Model-model Pembelajaran dan Implementasi Dalam RPP. Palembang: Media Mutiara Lentera.

Johnson, E. B. 2008. Contextual Teaching & Learning Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung: MLC.

Karaçalli, Saide & Fikret Korur.(2011).The Effects of Project-Based Learning on Students’ Academic Achievement, Attitude, and Retention of Knowledge: The Subject of “Electricity in Our Lives†The Effects of Project-Based Learning School Science and Mathematics Volume 114 (5)(artikel jurnal)

Kemdikbud. (2014). Materi pelatihan guru implementasi kurikulum 2013 tahun ajaran 2014/2015: Mata pelajaran IPA SMP/MTs. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.(Buku)

Kokotsaki, D., Menzies, D., and Wiggins, A. (2016). Project-based learning: A review of the literature. Journal of Improving School, 19(3), 267-277 (artikel)

Maryani, Enok.(2009). Pembelajaran Keterampilan Sosial dalam Pembelajaran Geografi. (Online). Tersedia: http/www.upi.edu.

Mohamadi, Zohri. (2018). Comparative effect of project-based learning and electronic project-based learning On the development and sustained development Of english idiom knowledge. Journal of Comput High Education, 30(1), 363-385 (artikel)

Munro, J. 2004. Insights Into The Creativity Process Thinking Skills Models of Creativity. Accessed in PDF Files.

Nur, Aulia, Abdi, A.W., dan Amri, Amsal. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X Sma Negeri 11Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Geografi, 1(2) (artikel)

NYC Departement of Education (2009). Project Based Learning: Inspiring Middle School Student to Engage in Deep and Active Learning. New York: Division of Teaching and Learning Office.(Buku)

Piaget, Jean and B. Inhelder.( 1971). Mental Imageryin Child. New York: Basuc Books.(Buku)

Sari, D.P. 2017 “Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas VB SD Negeri 34/I Terataiâ€. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi.

Sumarmi. 2012. Model-Model Pembelajaran Geografi. Yogyakarta: Aditya Media.

Tandogan, R. O., & Orhan, A. (2007). The Effects of Problem-Based Active Learning in Science Education on Students' Academic Achievement, Attitude and Concept Learning. Online Submission, 3(1), 71-81.

The George Lucas Educational Foundation. 2005. Instructional Module ProjectBased Learning. (Online). Tersedia :http://www.edutopia.org/modules/ PBL/whatpbl. php), diakses tanggal15 September 2018.

Thomas, J. W. (2000). A review of research on PBL. www.bobpearlman.org/BestPractices/PBL_Research.pdf. Accesed 20 January, 2017. (website)

Triani, Wina, Zulkarnain, Z., dan Utami, RKS. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Geografi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Geografi, 3(7) (artikel)

Yusriadi, Abdi, W. A, dan Amri, A. (2016). Implementasi Pendekatan SAVI untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Geografi Kelas X-IS 1 SMA N 5 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah, 1(1), 238-251

Wena, M. (2013). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer: suatu tinjauan konseptual operasional. Jakarta: Bumi Aksara( Buku)

Downloads

Published

2019-03-15