Penerapan LKS berbasis Inquiry Based Learning pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai dalam pembelajaran matematika
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan menerapkan LKS berbasis inquiry based learning. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII5 SMP Negeri 45 Palembang dengan jumlah siswa sebanyak 38 orang. Nilai LKS untuk mengetahui hasil belajar siswa pada saat mengikuti pembelajaran dengan menggunakan LKS berbasis inquiry based learning . Adapun hasil belajar yang didapat nilai rata-rata LKS sesuai langkah-langkah inquiry based learning pada materi perbandingan senilai adalah merumuskan masalah 78,29 , merumuskan hipotesis 86,84, menguji hipotesis 80,70, dan kesimpulan 93,42 dan pada materi perbandingan berbalik nilai adalah adalah merumuskan masalah 92,11 , merumuskan hipotesis 67,98, menguji hipotesis 85,53, dan kesimpulan 80,26 Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan pembelajaran dengan menggunakan LKS berbasis inquiry based learning dapat membuat hasil belajar lebih baik dan membuat siswa aktif.
Kata kunci: Inquiry, Hasil belajar, LKS, perbandingan senilai, Perbandingan berbalik nilai.