PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA BINA WARGA 2 PALEMBANG

Authors

  • Zahruddin Hodsay
  • Maya Tourina

Abstract

ABSTRAK

Pembelajaran hendaknya melibatkan peserta didik dalam proses belajar mengajar. Pada penelitian ini menggunakan Strategi Pembelajaran Question Student Have yang dirancang agar siswa dapat lebih aktif dalam mengikuti proses belajar mengajar. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada
pengaruh penerapan strategi pembelajaran Question Student Have terhadap hasil belajar siswa . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Question Student Have terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Bina Warga 2 Palembang Tahun pelajaran
2012/2013.
Variabel dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran Question Student Have sebagai variabel bebas ( variabel X ) dan Hasil belajar siswa sebagai variabel terikat ( variabel Y ). Sampel sebanyak 65 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelas eksperimen sebanyak 32 siswa dan kelas kontrol sebanyak 33 siswa yang diambil secara random dari populasi yang ada.
Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk Quasi Eksperimental Design. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, dan tes. Teknik analisa data yang digunakan untuk membuktikan hipotesis statistik non parametrik adalah uji Mann-Whitney sampel besar, dikarenakan data tidak berdistribusi normal.
Hasil analisa dalam pembahasan menunjukkan keaktifan siswa belajar dikelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol, dilihat dari rata-rata maupun persentase, yaitu rata-rata keaktifan belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 71,64 sedangkan siswa pada kelas kontrol 68,86. Rata – rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 84,00 lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol 71,83 sehingga hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih besar 12,17 % dibandingkan hasil belajar siswa pada kelas kontrol. Hasil pengujian berdasarkan Uji Mann-Whitney menghasilkan Zhitung = 4,29 > Ztabel α
0,05/2 = 1,96 sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh strategi pembelajaran Question Student Have terhadap hasil belajar siswa dengan besar kenaikan pengaruh 12,17 %. Sehubungan dengan hal tersebut maka strategi Question
Student Have dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran ekonomi di SMA Bina Warga 2 Palembang Tahun
pelajaran 2012/2013.

Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Question Student Have, Hasil Belajar

Downloads

Published

2015-09-08

Issue

Section

Articles