THE CORRELATION AMONG THE FOURTH SEMESTER STUDENTS’ READING ATTITUDE, READING COMPREHENSION ACHIEVEMENT AND WRITING ACHIEVEMENT AT ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM IN PGRI UNIVERSITY OF PALEMBANG

Authors

  • ASTI VETO MORTINI

Abstract

ABSTRAK

Mortini, Asti Veto, 2015, The Correlation among the Fourth Semester Students’ Reading Attitude, Reading Comprehension Achievement, and Writing Achievement at English Education Study Program in PGRI University of Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mencari (1) Apakah ada korelasi antara sikap membaca siswa dengan prestasi/hasil pemahaman membaca siswa?, (2) Apakah ada korelasi antara sikap membaca siswa dengan prestasi menulis siswa?, (3) Apakah ada kontribusi antara sikap membaca siswa terhadap prestasi pemahaman membaca siswa dan atauterhadap prestasi menulis siswa? Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester empat program study Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Palembang, dan 74 mahasiswa dijadikan sampel. Sampel di ambil dengan menggunakan Stratified Random Sampling. Distribusi data dianggap normal. Hal itu dibuktikan dengan perhitungan statistik uji normalitas yang menunjukkan bahwa p-output (0.084, 0.051, dan 0.076). Maka berdasarkan perhitungan Levene Statistic, ditemukan bahwa p-value lebih tinggi dari α (0.05). Analisis Homogenitas Uji berdasarkan analisis statistik, ditemukan bahwa p-value (0,603) lebih tinggi dari tingkat signifikansi (0,05). Ini berarti data sikap membaca siswa, prestasi pemahaman membaca siswa dan prestasi menulis siswa adalah homogen. Berdasarkan hasil perhitungan statistik menggunakan korelasi, ditemukan nilai yang signifikan (r) antara sikap membaca dan prestasi pemahaman membaca siswa adalah 0.939 yang lebih dari α (0.05). Ini berarti bahwa H1 diterima. Sedangkan nilai signifikan (r) antara sikap membaca dan prestasi menulis siswa adalah 0,541 yang lebih dari α (0,05). Ini berarti bahwa H2 diterima. Penelitian ini juga menemukan kontribusi sikap membaca dan prestasi pemahaman membaca siswa (r1) adalah 91,1%. Sementara kontribusi sikap membaca siswa terhadap prestasi menulis adalah 56.4%. Ini berarti bahwa H3 diterima.

Keyword: Sikap membaca, prestasi pemahaman membaca siswa, dan prestasi menulis siswa

Downloads

Published

2015-09-09

Issue

Section

Articles