Pengembangan Materi Ajar Persamaan Garis Singgung Lingkaran Berbasis Konstruktivisme di Kelas XIIPA SMA
Abstract
ABSTRAK
Penelitianinimerupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan materi ajar yang valid, praktis, dan efektif untuk pembelajaran matematika di kelas XI IPA SMA di Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian ini terdiri dari dua tahapan, yaitu tahap pendahuluan dan tahap pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA4 SMA Negeri6 Palembang yang berjumlah28 orang.Teknikpengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan tes.Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Berdasarkan penilaian dari dosen, guru, dan rekan mahasiswa, materi ajar yang disusun peneliti termasuk dalam kategori valid.(2) Berdasarkan keterpakaian buku siswa berbasis konstruktivisme ditahap small group dapat dikatakan bahwa buku siswa memenuhi kategori praktis. (3) Hasil belajar siswa tahap field test yaitu dengan rata-rata 86,70 termasuk dalam kategori sangat baik, dan aktivitas siswa rata-rata 68,61tergolong dalam kategori baik.Hal ini menunjukkan bahwa buku siswa berbasis kontstruktivisme memiliki potensial efek terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa sehingga efektif untuk digunakan dalam pembelajaran matematika di kelas XI IPA SMA.
Kata Kunci: materi ajar, pendekatan konstruktivisme, hasil belajar.