PENERAPAN INQUIRY MATERI PERBANDINGAN DAN SKALA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Anggria Septiani Mulbasari

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika denganmenerapkan inquiry pada materi perbandingan dan Skala. Metode
penelitian adalah deskriptif menggunakan data kualitatif dan kuantitatif, subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.5 SMP Negeri 45 Palembang dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan tes akhir. Nilai LKS dan tes akhir digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan inquiry. Nilai rata-rata LKS pada materi perbandingan dan skala sesuai langkah-langkah inquiry adalah merumuskan masalah 100, merumuskan hipotesis 66,44, menguji hipotesis 98,90, dan kesimpulan 75.Adapun hasil tes akhir rata-rata siswa 77,79 kategori baik. Sehingga dapatdisimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan inquiry dapatmembuat hasil belajar lebih baik.
Kata kunci: Inquiry, hasil belajar, LKS.

Downloads

Published

2015-09-16