KONTRIBUSI DAYA LEDAK OTOT LENGAN DAN KOORDINASI MATA-TANGAN TERHADAP KETEPATAN SERVIS ATAS BOLAVOLI PADA EKSTRA KURIKULER DI SMP NEGERI 19 PALEMBANG

Hikmah Lestari

Abstract


ABSTRAK

 

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya ketepatan servis atasBolavoli pada siswa-siswi ekstra kurikuler di SMP Negeri 19 Palembang. Penelitian ini bertujuan untukmengatahui kontribusi antara daya ledak otot lengan dan koordinasi mata tangan terhadap ketepatan servis atas bolavoli pada siswa-siswi ekstra kurikuler di SMP Negeri 19 Palembang. Metode penelitian ini adalah metode korelasional. Populasi penelitian ini seluruh siswa-siswi yang mengikuti ekstra kurikuler  bolavoli di SMP Negeri 19 Palembang,yang terdaftar dan ikut latihan yang berjumlah 35 orang yang terdiri dari 22 orang putra dan 13 orang putri, sedangkan sampel diambil secarapurposivesampling sehingga diperoleh sampel dengan jumlah 22 orang pemain. Tempat pelaksanaan penelitian adalah di lapangan bolavoli SMP Negeri 19 Palembang, adapun waktu penelitian adalah bulan Desember 2017. Data daya ledak otot lengan menggunakantes,one ball medicine ball put(Haag dan Dassel,1981:217) koordinasi mata tangan diambil dengan menggunakan tes koordinasi mata tangan(Haag dan Dassel,1981:2) dan ketepatan servis  atas diambil denganmelakukan tes servis atas (Yunus1992:302) Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis korelasi ganda dan terakhir dilanjutkan dengan uji kontribusi.Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1). Terdapat kontribusi antaradaya ledak otot lengan dengan ketepatan servis atas, diperoleh yaitu sebesar 26.35%. (2) Terdapat kontribusi antara koordinasi mata tangan dengan ketepatan servis atas, diperoleh yaitu sebesar 39.11%. (3) Terdapat kontribusi antara daya ledak otot lengan dan koordinasi mata tangan secara bersama-sama dengan ketepatan  servis atas atlet bolavoli di SMP Negeri 19 Palembang yaitu sebesar 52.18%.Sehingga dapat di simpulkan bahwa daya ledak otot lengan dan koordinasi mata-tangan berkontribusi secara signifikan terhadap ketepatan servis atas atlet Bolavoli di SMP Negeri 19 Palembang.

Kata kunci:Daya Ledak Otot Lengan, Koordinasi Mata Tangan, dan Ketepatan Servis Atas

Full Text:

PDF

References


Bompa, Tudor. O. (1996). Theory and Methodology of Training, The Key to Atletik Performance. Dubuge, Low: Kendall/Hunt Publishing Company. Terjemahan oleh Sarwono. Surabaya: Program Studi Ilmu Kesehatan Olahraga. Fakultas Pasca Sarjana Universitas Airlangga.

Haag, Herbet, Hand & Dassel. (1981). Fitness Test, Stuttgart: Karl Verlag. Hofman. 7060 Schondorf.

Harsuki. (2003). Perkembangan Olahraga Terkini, Kajian Para Pakar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Monti. (1996). (Terjemahan). Vollyball. Ferguson, Bonnie Jill, Barbar L Viera, University of Delaware, Newark, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada).

Pate, Rotella & Mc Clenaghan, (Terjemahan oleh Kasiyo Dwijowinoto). (1993). Dasar-Dasar Ilmiah Ilmu Kepelatihan. Semarang: IKIP Semarang Press.

PBVSI. (1995). Jenis-Jenis Bolavoli. Jakarta: Sekretariat Umum PP. PBVSI.

Sajoto, Muhammad. (1988). Pembinaan Kondisi Fisik dalam Olahraga. Jakarta: P2LPTK, Dirjen Dikti Depdikbud.

Sudjana. 1996Metode Statistika. Bandung: Tarsito Bandung.

Syafruddin. (1999). Dasar-Dasar Kepelatihan Olahraga. Padang: DIP Proyek UNP.

Sumosardjono, Sudoso. (1990). Pengetahuan Praktis Kesehatan dalam Olahraga 2. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Yunus. (1992). Olahraga Pilihan Bolavoli. Jakarta: P2TK, Dirjen Dikti, Depdikbud.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.