KONTEKS PERMAINAN “KAKISAMBE” DALAM PEMBELAJARAN BILANGAN BULAT DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Tanzimah Tanzimah

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui peranan permainan “kakisambeâ€
dalam mendukung pembelajaran dan menghasilkan lintasan belajar
dalam pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat
dengan menggunakan permainan “kakisambe†di kelas IV Sekolah
Dasar. Penelitian dilaksanakan di SDIT Bina Ilmi Palembang dengan
pembelajaran yang menggunakan pendekatan Pendidikan
Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah design research yang terdiri dari tiga
tahap, yaitu: (1) preparing for the experiment; (2) teaching
experiment; dan (3) retrospective analysis. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan peranan permainan “kakisambe†sebagai starting point
yang menopang pemikiran siswa dalam memahami konsep
penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Aktivitas-aktivitas
pembelajaran yang dilakukan siswa menghasilkan lintasan
pembelajaran yang menuju tercapainya tujuan pembelajaran.
Lintasan pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat
dengan menggunakan permainan “kakisambe†yang dihasilkan
masing-masing terdiri dari empat aktivitas, yaitu: (1) bermain
“kakisambeâ€; (2) menggunakan garis bilangan; (3) menemukan
konsep penjumlahan dan pengurangan dua bilangan bulat; dan (4)
menyelesaikan soal tentang penjumlahan dan pengurangan dua
bilangan bulat.
Kata kunci: Permainan “kakisambeâ€, design research, PMRI.

Downloads

Published

2015-09-18