PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN KONSELING UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan dan penerapan metode pembelajaran kooperatif model jigsaw dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa untuk mata kuliah pengatar psikologi pada mahasiswa kelas D semester ganjil. Penelitian ini berlokasi di Program Studi Pendidikan Bimbingan Konseling Universitas PGRI Palembang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). PTK merupakan salah satu upaya praktisi dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki atau meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. Berdasarkan analisis hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata yang diperoleh mahasiswa dalam belajar dengan metode pembelajaran kooferatif model jigsaw mengalami peningkatan. Materi Pembelajaran Persepsi Pada siklus I nilai rata-rata 6,7 Sedangkan pada materi inteligensi meningkat pada siklus II menjadi 7,0 dan pada siklus III untuk materi motivasi nilai rata-rata menjadi 7,6. Artinya pada siklus I rata-rata mahasiswa memperoleh nilai pada level kategori cukup, sedangkan pada siklus II dan siklus III rata-rata mahasiswa memperoleh nilai pada level kategori baik. Pada setiap siklus menunjukan peningkatan jumlah nilai yang diperoleh mahasiswa, dan semakin membaik dan meningkatnya kategorisasi yang diperoleh mahasiswa. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw dan Prestasi Belajar.