PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDUCTIVE THINKING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII DI SMP NEGERI 47 PALEMBANG

Authors

  • BOBY AGUS YUSMIONO

Abstract

ABSTRAK
Masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh model pembelajaran Inductive Thinking terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII di SMP Negeri 47 Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran Inductive Thinking terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII di SMP Negeri 47 Palembang. Variabel penelitian yaitu variabel bebas pembelajaran Inductive Thinking dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan eksperimen, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu melalui langkah-langkah uji normalitas data dan uji homogenitas data kemudian untuk menguji hipotesis menggunakan analisis statistik dengan menggunakan regresi linier sederhana.
Dari hasil analisis data didapat nilai rata-rata peserta didik yaitu nilai rata-rata observasi peserta didik adalah 61, 875 dan setelah dilakukan model pembelajaran Inductive Thinking nilai rata-rata peserta didik adalah 76,125, dan dengan perhitungan regresi linier sederhana FHitung lebih besar dari FTabel yaitu 25,642 ≥ 3,25. Hasil ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Inductive Thinking terhadap hasil belajar peserta didik. Jadi model pembelajaran Inductive Thinking sangat berpengaruh untuk mengingkatkan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Published

2015-09-28