PERAN TENAGA PENGAJAR DALAM MENUMBUHKAN KREATIVITAS BERWIRAUSAHA DI KALANGAN MAHASISWA SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan sebagai pengimplementasian kurikulum 2013
yang merupakan kompetensi yang berfokus pada pengetahuan (hard skill) dan
keterampilan, serta perubahan sikap, perilaku mahasiswa. Salah satu implikasi
kurikulum 2013 pada perguruan tinggi yaitu dengan memberlakukan mata kuliah
kewirausahaan agar mahasiswa lebih kreatif dan inovatif serta menguasai
sepenuhnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Tenaga pengajar harus
memberikan berbagai proses pendekatan melalui model-model pembelajaran
diantaranya diskusi kelompok, studi kasus, discovery learning, self-directed
learning, pembelajaran kolaboratif/Kooperatif, pembelajaran berbasis
proyek/kontekstual, penilaian otentik, proses dan hasil berdasarkan portofolio.
Tenaga pengajar perlu memberikan motivasi dan mengajak untuk menganalisa
kemungkinan yang harus dihadapi setelah menjadi sarjana. Sarjana sebagai
pendidik sekaligus wirausaha diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan,
kreatifitas, dan sikap di kalangan peserta didik pada setiap tingkatan pendidikan
agar peserta didik nantinya siap menjadi pencipta kerja bukan hanya pencari
kerja jika mereka tidak melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya.
Kata Kunci:Kurikulum 2013, Tenaga Pengajar, Kewirausahaan, Mahasiswa,
Kreativitas.