FAKTOR PENYEBAB SISWA MELAKUKAN PELANGGARAN SEKOLAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR
Abstract
Abstrak
Pelanggaran yang sering dilakukan siswa di sekolah akhir-akhir ini semakin beragam bentuknya. Oleh karena itu, peneliti tertarik melakukan penelitian yang berjudul Faktor penyebab siswa melakukan pelanggaran sekolah dan implikasinya terhadap hasil belajar. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk-bentuk pelanggaran yang dilakukan oleh siswa, mengetahui penyebab siswa melakukan pelanggaran sekolah, dan mengetahui implikasi pelanggaran yang dilakukan siswa terhadap hasil belajar siswa tersebut. Penelitian ini mengunakan pendekatan naturalistik dengan analisis data mengunakan analisis frekuensi dan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan empat cara yaitu (1) observasi, (2) kuesioner, (3) wawancara, (4) dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa bentuk pelanggaran yang dilakukan oleh siswa SMA Negeri 19 Palembang adalah kenakalan sosial yang dikategorikan tidak menimbulkan korban di pihak lain. Adapun bentuk pelanggarannya seperti; mengobrol di kelas saat jam pelajaran, tidak disiplin, dan melanggar ketertiban sekolah. Sedangkan penyebab siswa melakukan pelanggaran dominannya karena faktor pribadi siswa yang terkait dengan sifat dan rendahnya pengendalian diri. Selanjutnya terdapat implikasi yang buruk bagi siswa yang sering melakukan pelanggaran pada umumnya akan memperoleh hasil belajar yang rendah.
Kata Kunci: Pelanggaran, Siswa, Hasil Belajar