PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA SISWA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG
Abstract
ABSTRAK
Pelajaran geografi masih terfokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan, padahal berbagai media pembelajaran telah berkembang menuju Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Dalam menjawab tantangan tersebut peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran animasi terhadap hasil belajar geografi pada siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis uji-t. Pada penelitian ini perhitungan ttabel (0,95) diperoleh sebesar 1,966 sedangkan thitung 6,58 dengan taraf signifikansi 0,05 lebih besar dibandingkan dengan ttabel 1,966. Jadi, dari hasil perhitungan didapat thitung > ttabel atau 6,58 > 1,966, maka dapat disimpulkan ada pengaruh media pembelajaran animasi terhadap hasil belajar geografi pada siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 2 Palembang dimana nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol.
Keywords: Media Pembelajaran Animasi, Hasil Belajar