PENGARUH METODE STOP THINK DO TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SMA NEGERI 19 PALEMBANG

Authors

  • WAHYU SAPUTRA

Abstract

ABSTRAK

Masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh metode Stop Think Do terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri 19 Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode Stop Think Do terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri 19 Palembang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis uji-t. Berdasarkan hasil pembahasan, dapat disimpulkan bahwa hasil tes didapat nilai rata-rata siswa untuk kelas eksperimen setelah diterapkan metode Stop Think Do adalah 76,50 dan nilai rata-rata tes siswa kelas kontrol yang tidak menerapkan metode Stop Think Do adalah 65,62. Hal tersebut menunjukkan bahwa metode Stop Think Do dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan dari hasil analisis data didapat bahwa thitung = 4,59 dan ttabel = 1,898. Jadi thitung > ttabel (4,59 > 1,898), maka hipotesis yang menyatakan ada pengaruh metode Stop Think Do terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri 19 Palembang diterima (terima Ha), dan hipotesis yang menyatakan tidak ada pengaruh metode Stop Think Do terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri 19 Palembang ditolak (tolak Ho).

Keywords: Metode Stop Think Do, Hasil Belajar

Downloads

Published

2015-10-03