ANALISIS PERENCANAAN PARTISIPATIF PADA PROGRAM RURAL INFRASTRUCTURE SUPPORT (PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI) DI KECAMATAN JEJAWI KABUPATEN OGAN KOMELIRING ILIR

Authors

  • Joni Iswan

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Analisis Perencanaan Partisipatif Pada Program Rural Infrastructure Support (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri) di Kecamatan Jejawi Kabupaten Ogan Komering Ilir dan Merancang model perencanaan partisipatifnya. Penelitian mengacu pada pendapat Alexander Abe menjelaskan bahwa proses perencanaan partisipatif langkah-langkahnya meliputi penyelidikan, perumusan masalah, identifikasi daya dukung, Perumusan tujuan, menetapkan langkah-langkah rinci, dan merancang anggaran.

Fokus penelitian ini adalah proses Perencanaan Partisipatif Pada Program Rural Infrastructure Support (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri) di Kecamatan Jejawi Kabupaten Ogan Komering Ilir dengan aspek-aspeknya penyelidikan, perumusan masalah, identifikasi daya dukung, Perumusan tujuan, menetapkan langkah-langkah rinci, dan merancang anggaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tujuan utama mendiskripsikan secara mendalam mengenai perencanan Partisipatif di Kecamatan Jejawi Kabupaten Ogan Komering Ilir. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mendalam, dokumentasi, dan observasi.

Dari hasil peneltian disimpulkan bahwa Proses Perencanaan Partisipatif Pada Program Rural Infrastructure Support (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri) di Kecamatan Jejawi Kabupaten Ogan Komering Ilir hanya pada tahap penyelidikan dan perumusan masalah yang sudah melibatkan masyarakat Kecamatan Jejawi Kabupaten Ogan Komering Ilir sedangkan tahap identifikasi daya dukung, menetapkan langkah-langkah rinci dan merangcang anggaran masyarakat tidak disertakan.

 

Kata Kunci : Proses, Perencanaan Partisipatif, Infrastruktur Pedesaan

Downloads

Published

2015-10-06