Keterkaitan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran Matematika

Authors

  • Tanzimah Tanzimah

Abstract

Abstrak
Tujuan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan Keterkaitan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran Matematika. Pembelajaran adalah kegiatan guru secara terprogram dalam desain instruksional, untuk membuat siswa belajar secara aktif, yang menekankan pada penyediaan sumber belajar. Dalam hal ini ketepatan guru dalam memilih model pembelajaran sangat penting. Model pembelajaran Think Pair Share merupakan salah satu model  pembelajaran kooperatif sederhana dengan model pembelajaran ini siswa dilatih bagaimana berfikir, bekerjasama, mengutarakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain dengan tetap mengacu pada materi/tujuan pembelajaran. Langkah-langkah dalam model pembelajaran TPS ada kaitannya dengan elemen
pendekatan CTL. Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah suatu strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkan dengan kehidupan nyata. Maka antara Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran Matematika terdapat katerikatan yang sangat erat.


Kata kunci : Think Pair Share (TPS), Contextual Teaching and Learning (CTL), Pembelajaran Matematika.

Downloads

Published

2020-05-12