HUBUNGAN KEBIJAKAN PEMERINTAH DAN KESIAPAN STEAKHOLDER DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Authors

  • Susanti Faipri Selegi

Abstract

Abstrak
Landasan filosofis dalam pengembangan kurikulum menentukan kualitas peserta didik yang akan dicapai kurikulum, sumber dan isi dari kurikulum, proses pembelajaran, posisi peserta didik, penilaian hasil belajar, hubungan peserta didik dengan masyarakat dan lingkungan alam di sekitarnya. Kurikulum 2013 dikembangkan dengan landasan filosofis yang memberikan dasar bagi pengembangan seluruh potensi peserta didik menjadi manusia Indonesia berkualitas yang tercantum dalam tujuan pendidikan nasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebijakan pemerintah dan hubungannya dengan
kesiapan steakholder dalam implementasi kurikulum 2013.
Kebijakan pemerintah dalam implementasi kurikulum 2013 adalah pada
upaya penyederhanaan, dan tematik-integratif. Kurikulum 2013 disiapkan untuk mencetak generasi yang siap di dalam menghadapi masa depan. Karena itu kurikulum disusun untuk mengantisipasi perkembangan masa depan. Titik beratnya, bertujuan untuk mendorong peserta didik atau siswa, mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan mengkomunikasikan (mempresentasikan), apa yang mereka peroleh atau mereka ketahui setelah menerima materi pembelajaran. Sementara itu, hubungan kebijakan pemerintah dan kesiapan steakholder dalam implementasi kurikulum 2013 dapat dilihat dari kesiapan guru, dan berbagai pihak yang mendukung, seperti pemerintah daerah/provinsi, dinas pendidikan, dewan pendidikan, dan masyarakat itu sendiri. Adapun kesiapan guru dengan mengoptimalkan kompetensi professional dan kompetensi pedagogic dalam ranah kognitif, dengan dukungan dan keseriusan dari pemerintah dan lembaga terkait untuk bersama-sama bertanggung jawab
mengimplementasikan kurikulum 2013.
Kata kunci: kebijakan pemerintah, kesiapan, implementasi, kurikulum 2013.

Downloads

Published

2016-02-26