PENGEMBANGAN DIGITAL SCRAPBOOK PEMBELAJARAN GEOGRAFI DENGAN KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS KECENDERUNGAN PERUBAHAN LITOSFER DI MUKA BUMI DI KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS

Authors

  • Murjainah Murjainah

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Digital Scrapbook
Pembelajaran Geografi yang valid dan praktis, serta mempunyai efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan prosedur penelitian menggunakan model pengembangan ASSURE dan evaluasi Atwi Suparman. Hasil validasi pakar/ ahli menyatakan bahwa digital scrapbook pembelajaran Geografi telah valid melalui wawancara. Hasil one-to-one evaluation dan small group evaluation diketahui
bahwa digital scrapbook pembelajaran Geografi sudah sangat praktis digunakan terlihat dari hasil perhitungan angket tanggapan peserta didik dan observasi aktivitas peserta didik menggunakan digital scrapbook pembelajaran Geografi. Tahap field tes diketahui rerata nilai pretes peserta didik SMU Negeri 4 Palembang sebesar 64,10 dan postest sebesar 88,51 artinya terjadi peningkatan sebesar 24,41 sehingga didapatkan N-Gain sebesar 0,68 dengan kategori
sedang. Artinya, produk yang dikembangkan memiliki efek potensial terhadap peserta didik. Hasil temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa digital scrapbook pembelajaran Geografi yang peneliti kembangkan terbukti valid, praktis, dan memberikan efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik. Selanjutnya disarankan bagi peneliti lain dapat menjadikan sebagai acuan dalam mengembangkan media sejenis atau menerapkannya dalam penelitian eksperimen maupun penelitian tindakan kelas.
Kata kunci: Pengembangan, digital scrapbook, pembelajaran Geografi

Downloads

Published

2016-02-26