HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU( GEOGRAFI) SISWA KELAS VII DI SMP ADABIYAH PALEMBANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Authors

  • Maharani Oktavia

Abstract

ABSTRAK
Pendidikan merupakan sektor yang sangat penting dan strategis untuk meningkatkan sumber daya manusia yang bermutu. Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan di Indonesia adalah masalah lemahnya proses pembelajaran. proses belajar mengajar itu akan berhasil baik, kalau didukung
oleh faktor-faktor psikologis dari si pelajar, salah satunya adalah motivasi belajar siswa.Proses belajar di dorong oleh motivasi intrinsik siswa. Di samping itu proses belajar juga dapat terjadi, atau menjadi bertambah kuat, bila didorong
oleh lingkungan siswa sehingga prestasi siswa menjadi lebih baik. Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi.
Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 120 siswa dimana yang menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa yang diambil mengunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket (kuisioner) dan dokumentasi. Analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian adalah menggunakan rumus korelasi Spearman Rank.
Hasil analisis data angket motivasi belajar yang diperkuat dengan hasil dokumentasi prestasi belajar siswa membuktikan bahwa ada hubungan positif antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa pelajaran 2013/2014 pada
mata pelajaran IPS Terpadu (geografi) di kelas VII SMP Adabiyah Palembang tahun Hal ini dibuktikan dengan hasil hitung ï² lebih besar dari tabel ï² yaitu hitung ï² = 0,400 dan tabel ï² = 0,364 yang berarti ada hubungan yang positif antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu (geografi) di kelas VII SMP Adabiyah Palembang
Kata Kunci :Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar

Downloads

Published

2016-07-22