PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DI SMA NEGERI 4 PALEMBANG

Authors

  • Nendri Nendri
  • Lusiana Lusiana

Abstract

Abstrak

Tujuan penyajian makalah ini untuk menyampaikan ataupun menyebar luaskan  hasil penelitian  yang telah kami lakukan di SMA Negeri 4 Palembang pada tahun 2015. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui   ada atau tidak pengaruh  Model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMA Negeri 4 Palembang. Metode yang digunakan eksperimen model posttest only control. Populasi seluruh siswa kelas XI, dengan  sampel dua kelas ,yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen sebanyak 39 siswa dan kelas XI IPA 4 sebanyak 39 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t (independent samples t test). Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dalam penelitian ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan, maka disimpulkan bahwa: Ada pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis di SMA Negeri 4 Palembang.

 

Kata Kunci:  Model Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis 

Downloads

Published

2016-08-05