PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMPN 1 BETUNG
Abstract
Abstrak
Variabel dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan kemandirian belajar matematika siswa dan kemandirian belajar matematika siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.D SMPN 1 Betung Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 36 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan kategori Pre-Test and Post-Test Group. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan tes awal (pretest) sebesar 6,69 setelah diterapkan trategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) didapatkan tes akhir (posttest) sebesar 43,38, sehingga didapatkan bahwa rata-rata tesakhir (posttest) lebih tinggi dibandingkan tes awal (pretest). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) dapat meningkatkan kemampuan kemandirian belajar matematika siswa. Dari analisis data, diperoleh gain ternormalisasi (normalized gain) peningkatan kemampuan kemandirian belajar matematika siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) dikategorikan sedang sedangkan kemandirian belajar matematika siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) dikategorikan cukup.
Â
Kata kunci: strategi pembelajaran, kemampuan berpikir, kemandirian belajar