PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII SMP PGRI SUKAMORO KABUPATEN BANYUASIN

Authors

  • Achmad Wahidy

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keaktifan belajar siswa
dalam pembelajaran membaca pemahaman selama diterapkannya model pembelajaran talking stick, dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII di SMP PGRI Sukamoro Kabupaten Banyuasin. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa VIII.1
sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang dilakukan secara eksperimen, dengan teknik pengumpulan data tes, dan non tes sedangkan teknik analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil observasi selama proses pembelajaran membaca pemahaman menggunakan model pembelajaran
talking stick, terlihat bahwa proses membaca pemahaman siswa sangat aktif. Hasil kebenaran pengujian hipotesis yang penulis ajukan terlihat bahwa t hitung > t tabel , yakni 3,37>1,67, hal ini dapat diartikan bahwa ada pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII di SMP PGRI Sukamoro Kabupaten Banyuasin, terbukti kebenarannya dan dapat diterima.
Kata kunci: Model pembelajaran talking stick dan kemampuan membaca pemahaman

Downloads

Published

2016-08-16