PENGARUH METODE INKLUSI MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN TINGKAT MOTOR EDUCABILITY TERHADAP HASIL KETERAMPILAN BELAJAR RENANG GAYA BEBAS PADA MAHASISWA POR UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan pengaruh antara metode inklusi menggunakan papan pelampung dan pull buoy terhadap hasil keterampilan renang gaya bebas. 2) perbedaan pengaruh antara motor educability tinggi dan rendah. 3) interaksi antara metode inklusi menggunakan papan pelampung dan pull buoy dengan kemampuan motor educability terhadap hasil keterampilan belajar renang gaya bebas. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 300 orang dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 40 orang. Hasil penelitian menunjukkan. 1) Terdapat perbedaan pengaruh antara metode inklusi menggunakan papan pelampung dan pull buoy terhadap hasil keterampilan belajar renang gaya bebas, terbukti dari Fhitung = 55,5 > Ftabel (4,09). 2) Terdapat perbedaan pengaruh motor educability tinggi dan rendah , terbukti Fhitung = 88,49 > F tabel = 4,09. 3) Terdapat interaksi antara metode inklusi menggunakan papan pelampung serta pull buoy dan motor educability terhadap hasil keterampilan renang gaya bebas., terbukti Fhitung 4.313  > Ftabel =4,09.
Â
Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Papan pelampung, Pull buoy,Motor educability dan Renang gaya bebas.