PENGARUH METODE LATIHAN TERHADAP PENINGKATAN KECEPATAN DAN HASIL PUKULAN GYAKU TSUKI CHUDAN PADA ATLET KARATEKA PUTERA SABUK BIRU DOJO WADOKAI UNIMED

Authors

  • Jujur Gunawan Manullang

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Latihan Dumbble Press dengan Latihan Military Press  terhadap peningkatan kecepatan dan hasil pukulan Gyaku Tsuki Chudan . 2) Pengaruh latihan Military Press  terhadap peningkatan kecepatan pukulan Gyaku Tsuki Chudan . 3) Manakah yang lebih besar pengaruhnya antara latihan dumbble press dan latihan Military Press  terhadap peningkatan kecepatan pukulan Gyaku Tsuki Chudan . 4) Pengaruh latihan Dumbble Press terhadap peningkatan hasil pukulan Gyaku Tsuki Chudan . 5) Pengaruh latihan Military Press  terhadap peningkatan hasil pukulan Gyaku Tsuki Chudan . 6) Manakah yang lebih besar pengaruhnya antara latihan Dumbble Press dan latihan Military Press  terhadap peningkatan hasil  pukulan Gyaku Tsuki Chudan . Penelitian ini dilaksanakan di dojo UNIMED. Populasi dalam penelitian ini 8 orang dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 8 orang. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan desain faktorial. Data diperoleh dari test kecepatan pukulan Gyaku Tsuki Chudan  dengan menggunakan photogate meter dan dianalisis menggunakan anava dua jalur.

Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil pre test dengan post test kelompok latihan Dumbble Press terhadap kecepatan  pukulan Gyaku Tsuky Chudan. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil pre test dengan post test latihan Military Press  terhadap kecepatan pukulan Gyaku Tsuki Chudan. 3) Latihan Dumbble Press tidak lebih besar pengaruhnya daripada latihan Military Press  terhadap peningkatan kecepatan pukulan Gyaku Tsuki Chudan. 4) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil  pre test dengan post test dari kelompok latihan Dumbble Press. 5) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil  pre test dengan post test latihan Military Press. 6) Latihan Dumbble  Press tidak lebih besar pengaruhnya daripada latihan Military Press.

Kata Kunci; latihan Dumbble Press, latihan Military Press, peningkatan kecepatan dan hasil pukulan gyaku tsuki chudan.

Downloads

Published

2016-08-16