PENGARUH STRATEGI HERRINGBONE DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 45 PALEMBANG
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan strategi
herringbone dan kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.1 dan VII.3 SMP Negeri 45 Palembang. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS dan dianalisis dengan uji-T dan anova. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis terhadap penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa penerapan strategi herringbone memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi siswa. Hal ini ditunjukkan oleh perolehan angka sig. (2-tailed) sebesar 0,025. Angka ini berada di bawah taraf probability, yaitu 0,05. Selanjutnya penerapan berpikir kritis terhadap siswa dalam menulis karangan argumentasi, memiliki pengaruh
yang juga positif. Ini terlihat dari angka sig. (2-tailed) sebesar 0,010 yang berada di bawah taraf probability, yaitu 0,05. Pada hipotesis terakhir, diperoleh bahwa penerapan strategi herringbone dan kemampuan berpikir kritis siswa secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil uji anova yang
menunjukkan F hitung adalah sebesar 18,52, sedangkan F tabel untuk taraf 5%Â adalah sebesar 3,2 dan untuk taraf 1% adalah sebesar 2,2.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi herringbone dan
kemampuan berpikir memiliki pengaruh terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi siswa.
Kata Kunci: Strategi Herringbone, Kemampuan Berpikir Kritis, Dan Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi.