PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE PROBING- PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN GEOGRAFI/IPS TERPADU DI SMP NEGERI 22 PALEMBANG

Authors

  • Mega Kusuma Putri

Abstract

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang pengaruh metode pembelajaran kooperatif learning tipe probing-prompting terhadap hasil belajar. Salah satu hal yang memegang peranan penting bagi keberhasilan pendidikan adalah proses pelaksanaan pengajaran itu sendiri. Proses dan mengajar merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan tetapi membentuk satu kesatuan, yang mana kegiatan belajar dilakukan oleh siswa dan kegiatan mengajar dilakukan oleh guru. Oleh sebab itu, kegiatan yang dilakukan oleh guru mempengaruhi kegiatan dan hasil belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 siswa yang diambil menggunakan teknik sampel random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji linieritas regresi. Uji
hipotesis yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian di peroleh data dari kelas eksperimen dan kelas kontrol di kelas VIII.II dan kelas VIII.I. T hitung > T tabel = 4,35 > 1,99, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan metode pembelajaran probing-prompting terhadap hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Kooperatif Learning tipe Probing-Prompting dan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2016-10-13