STUDI KOMPERATIF HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII DI SMP NEGERI 15 PALEMBANG

Authors

  • Nina Damayati

Abstract

ABSTRAK
Model pembelajaran kooperatif memiliki berbagai tipe dengan langkah yang berbeda-beda, antara lain model pembelajaran artikulasi dan model pembelajaran think pair share. Model pembelajaran artikulasi dan model pembelajaran think pair share diharapkan dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana hasil belajar IPS terpadu yang diajar menggunakan model pembelajaran artikulasi dibandingkan dengan hasil belajar yang diajar
menggunakan model think pair share pada kelas VIII di SMP Negeri 15 Palembang ?â€. Tujuan dalam penelitian ini secara umum untuk mendapatkan data, fakta, dan informasi tentang model-model pembelajaran, tujuan secara khusus penelitian ini adalah untuk
mengetahui perbandingan hasil belajar IPS Terpadu antara siswa yang diajar mengunakan model pembelajaran artikulasi dibandingkan dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran think-pair-share.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 356 siswa, dalam pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik random sampling sehingga sampel terpilih yaitu kelas VIII.2 ( eksperimen artikulasi) yang berjumlah 39 siswa dan kelas VIII.3 ( kelas think pair share) yang berjumlah 40 siswa. Metode dalam
penelitian ini adalah metode eksperimen. Data yang diperoleh melalui hasil tes. Untuk pengujian hipotesis dilakukan uji-t, berdasarkan data tes, kemudian dilakukan uji-t sebagai penguji hipotesis, hasil yang didapat yaitu harga t hitung -1,530 sedangkan harga t yang didapat dari tebel distribusi t sebesar 1,665. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis
Terima Ho : Jika thitung = ttabel berarti Ha ditolak dan Tolak Ho : Jika thitung ≠ ttabel berarti Ha diterim. Maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbandingan hasil belajar siswa antara yang diajar menggunakan model artikulasi dengan siswa yang diajar menggunakan model think pair share pada kelas VIII di SMP Negeri 15 Palembang.
Kata kunci: Hasil belajar, Model pembelajaran, Model Pembelajaran artikulasi, Model Pembelajaran think pair share

Downloads

Published

2016-10-13