STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA JAMBATAN AKA DI KECAMATAN BAYANG UTARA KABUPATEN PESISIR SELATAN

Authors

  • Nuranisa Nuranisa

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi dengan belum optimalnya pengelolaan
pariwisata yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan khususnya di Kecamatan Bayang Utara yaitu objek wisata alam Jambatan Aka sehingga tidak ramai dikunjungi.
Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif. Wawancara mendalam
dilakukan terhadap responden yang ditentukan dengan mengunakan purposive sampling khususnya untuk pengambil kebijakan, sedangkan Accidental Sampling ditujukan pada pengunjung Jembatan Aka. Alat pengumpulan data berupa instrument wawancara, observasi dokumentasi, dan angket Analysis Hierarki Proses (AHP). Untuk menentukan strategi pengembangan objek wisata Jambatan Aka mengunakan analisis SWOT, sedangkan untuk menentukan prioritas kebijakan yang akan dilakukan untuk pengembangan objek wisata
Jambatan Aka di gunakan analisis Analysis Hierarki Proses (AHP). Selanjutnya, teknik analisis data adalah reduksi, display, klasifikasi dan kesimpulan.

Hasil penelitian merumuskan 12 Strategi Alternatif pengembangan objek wisata yang harus dilakukan pemerintah terhadap objek wisata alam Jambatan Aka dengan 6 strategi yang di prioritaskan yaitu 1) Melakukan pemberdayaan, penyuluhan agar menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya masyarakat Sadar Wisata, 2) Melakukan Koordinasi dengan pihak Swasta untuk menanamkan modal, 3) Mengembangkan Atraksi Pariwisata, 4) Memperbaiki dan mengadakan fasilitas sarana prasarana objek wisata, 5) Membangun dan mengadakan Aksesibilitas pariwisata, 6) Mengadakan Akomodasi pariwisata, 7) Mengadakan objek wisata pendamping, 8) Mempertahankan dan memelihara keindahan dan keasrian lingkungan sekitar objek wisata, 9) Melakukan pengawasan dan pemeliharaan fasilitas- fasilitas yang telah ada dilokasi objek wisata, 10) melakukan control yang tegas terhadap pelaksanaan unsur-unsur pelaku wisata yang tidak sesuai dengan sikap dan tindakan pelaku wisata yang dapat mengancam kerusakan objek wisata, 11) Melakukan promosi, 12) Peningkatan Kualitas Tenaga Profesional.

Kata Kunci: Strategi Pengembangan Wisata, Jembatan Aka, Analysis Hierarki Proses

Downloads

Published

2016-10-13