PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG

Authors

  • Rita Rosmalinda

Abstract

ABSTRAK
Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pertama kali dikembang-kan di bidang kedokteran. Dalam bidang pendidikan, model pembelajaran PBL dikembangkan oleh Slavin dan Madden. Model pembelajaran PBL dapat menstimulus kemampuan berpikir siswa yang dapat meningkatkan hasil belajar. Dalam penelitian ini, model pembelajaran PBL diterapkan pada materi geografi untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui cara penyelesaian masalah yang riil di sekitarnya. 

Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 5 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 3 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol. Subjek penelitian ditentukan berdasarkan kemiripan nilai rata-rata UAS semester ganjil (satu). Penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi experiment) dengan
desain Non Equivalent Control Group Design. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran PBL dan variabel terikatnya hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar ialah tes esai sebanyak 7 soal untuk pretest dan posttest.

Hasil pengukuran berupa data yang selanjutnya dianalisis menggunakan t-test dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gain score dari selisih nilai pretest dan posttest
hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dengan skor 17,6 dibandingkan dengan kelas kontrol dengan skor 9,0. Hasil perhitungan analisis uji t menggunakan varian tidak sama (equal variances not assumed) diperoleh data p-level lebih kecil dari 0,05 (p<0,05)
yaitu 0,00. Hasil perhitungan ini membuktikan bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 7 Bandar Lampung.
Kata kunci: model pembelajaran PBL, hasil belajar siswa

Downloads

Published

2016-10-13