PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MELALUI METODE INQUIRY-DISCOVERY PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPS SMA Perintis 2 Bandar Lampung)
Abstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara siswa yang mengikuti pembelajaran kontekstual melalui metode inquiry-discovery dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional terhadap sikap peduli lingkungan pada siswa kelas XI IPS di SMA Perintis 2 Bandar Lampung.Â
Penelitian yang dilaksanakan merupakan jenis penelitian eksperimental semu (Quasi Experimental) dengan rancangan pre test dan post test design yang melibatkan dua kelompok yaitu, satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Perintis 2 Bandar Lampung
sebanyak 229 siswa dengan. Sampel penelitian sebanyak satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Instrumen atau alat yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan angket dengan skala Likert untuk mengukur sikap peduli lingkungan. Teknik analisis data yang digunakan adalah anava dua jalan sel tak sama dan uji lanjut pasca anava.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pendekatan pembelajaran kontekstual melalui metode pembelajaran inquiry--discovery pada pembelajaran geografi berpengaruh terhadap peningkatan sikap peduli lingkungan pada siswa kelas XI IPS di SMA Perintis 2 Bandar Lampung. Berdasarkan hasil perhitungan uji lanjut analisis variansi dua jalan sel tak sama diperoleh diperoleh harga harga statistik uji F = 9,760
dan F tabel = 8.283 ternyata pada tingkat signifikan ï¡ = 0,05 F hitung > F tabel dengan demikian H 0 ditolak yang berarti ada pengaruh yang signifikan
Kata kunci : Metode Inquiri-Discovery, Sikap Peduli Lingkungan.