PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA MATA KULIAH METEOROLOGI DAN KLIMATOLOGI UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG TAHUN 2015

Authors

  • Deni Puji Hartono

Abstract

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Students Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar mahasiswa mata kuliah meteorologi dan klimatologi Universitas PGRI Palembang Tahun 2015. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas PGRI Palembang semester 1 pada mata kuliah meteorologi dan klimatologi Tahun 2015. Subjek penelitian ini berjumlah 2 kelas, yaitu Kelas A untuk kelas kontrol yang berjumlah 41 mahasiswa dan Kelas B untuk kelas eksperimen yang berjumlah 43 mahasiswa
Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan "quasi experiment"
(eksperimen semu) dengan design non-equivalent group control design.
Penelitian ini dikatakan quasi karena pada penelitian ini perlakuan yang
diberikan pada subjek penelitian tidak dikendalikan sepenuhnya
Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Dari hasil analisis uji t didapatkan hasil 8.597. Hal ini menunjukkan bahwa kelas ekperimen yang menggunakan model STAD memiliki hasil yang lebih tinggi dari kelas kontrol yang hanya menggunakan metode pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran STAD berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa mata kuliah meteorologi dan klimatologi di Universitas PGRI Palembang tahun 2015.
Kata kunci: Model Students Team Achievement Division (STAD), Hasil
Belajar

Downloads

Published

2016-10-13