ANALISIS KONDISI EKONOMI PETANI KELAPA SAWIT DI KECAMATAN PLAKAT TINGGI KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Authors

  • Eni Heldayani

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kondisi ekonomi masyarakat petani kelapa sawit di Kecamatan Plakat Tinggi Kabupaten Musi Banyuasin. Rumusan Masalah dalam Penelitian ini adalah bagaimanakah kondisi ekonomi masyarakat petani kelapa sawit di Kecamatan Plakat Tinggi Kabupaten Musi Banyuasin. Tujuan dari Penelitian ini dilakukan adapun tujuan untuk mengetahui kondisi ekonomi masyarakat petani kelapa sawit di Desa Sido Rahayu B2 Kecamatan Plakat Tinggi Kabupaten Musi Banyuasin.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Responden dalam Penelitian ini adalah masyarakat petani kelapa sawit di Kecamatan Plakat Tinggi Kabupaten Musi Banyuasin dan juga sebagai lokasi penelitian. Populasi adalah seluruh jumlah petani kelapa sawit di Desa Sido Rahayu B2. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling yakni pengambilan sampel berdasarkan sampel kelompok-kelompok karena kelompok jelas dan antara kelompok petani datanya homogen didapat 26 Responden. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket, dokumentasi,dan Wawancara. Analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini menggunakan rumus persentase dengan penafsiran menggunakan kriteria tertentu. Variabel dalam penelitian ini adalah variable tunggal yaitu kondisi ekonomi masyarakat petani kelapa sawit di Kecamatan Plakat Tinggi Kabupaten Musi Banyuasin.
Adapun hasil yang didapat yaitu, sebanyak 35% petani kelapa sawit
menyatakan bahwa pendapatan total keluarganya >4 juta rupiah per bulan, 35% petani kelapa sawit menyatakan bahwa pendapatan total keluarganya 3 juta – 4 juta rupiah per bulan, 12% petani kelapa sawit menyatakan bahwa pendapatan total keluarganya kisaran 2 juta – 3 juta rupiah per bulan, dan 19% petani kelapa sawit menyatakan bahwa pendapatan total keluarganya kisaran 1-2 juta rupiah per bulan tapi meskipun sudah baik kepada ketua KUD Sriwijaya dan kelompok petani harus tetap menjaga bersamaagar hasil kelapa sawit tetap maksimal.
Kata kunci : Ekonomi, Pendapatan, Petani Kelapa Sawit

Downloads

Published

2016-10-13