FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 10 BANDAR LAMPUNG
Abstract
ABSTRAK
Kemampuan siswa dalam mata pelajaran geografi secara umum
tergolong rendah yaitu dari 152 siswa hanya 23,68% yang mendapatkan nilai >71 sedangkan siswa yang mendapat nilai <71 sebanyak 76,31%. Artinya secara persentase siswa kelas XI IPS lebih banyak yang mendapatkan nilai dibawah standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Upaya untuk meningkatkan prestasi belajar adalah dengan meningkatkan motivasi belajar, menyusun cara belajar dan mengoptimalkan sumber belajar. Metode dan jenis penelitian yang
digunakan adalah metode korelasional. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMAN 10 Bandar Lampung. Penentuan sampel menggunakan proporsional random sampling. Analisis data yang digunakan adalah Korelasi Sederhana dan Korelasi Berganda dengan rumus Pearson Product Moment. Bedasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa:(1) Ada hubungan positif dan signifikan motivasi belajar dengan prestasi belajar geografi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 10 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014-2015. (2) Ada hubungan hubungan positif dan
signifikan cara belajar dengan prestasi belajar geografi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 10 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014-2015. (3) Ada hubungan hubungan positif dan signifikan kelengkapan sumber belajar dengan prestasi belajar geografi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 10 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014-2015. (4) Ada hubungan hubungan positif dan signifikan motivasi, cara belajar dan sumber belajar dengan prestasi belajar geografi Siswa Kelas XI
IPS di SMA Negeri 10 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014-2015.
Kata kunci : faktor-faktor prestasi belajar, prestasi belajar geografi siswa